Cara Membersihkan Keyboard Laptop dengan Baik dan Benar

Laptop adalah salah satu perangkat elektronik yang mudah sekali kotor karena debu. Apalagi jika ditempatkan di area terbuka tanpa adanya perlindungan sama sekali. Salah satu bagian laptop yang rawan sebagai tempat bersarangnya debu adalah keyboard. Keyboard laptop jelas tidak sama dengan yang ada pada PC. Apalagi keyboard pada laptop dirangkai menjadi satu kesatuan. Desain perangkat hardware ini terdiri dari rangkaian tombol-tombol sehingga membuat debu sering menumpuk dan terselip di sela-sela tombol-tombol tersebut. Oleh karena itu membersihkannya secara rutin menjadi bagian terpenting dalam merawat laptop agar lebih awet dan tidak mudah rusak. Pada ulasan kali ini kita akan membahas mengenai cara membersihkan keyboard laptop.

Seperti yang kita tahu keyboard mempunyai peranan yang sangat penting untuk aktivitas multitasking. Baik untuk keperluan mengetik, menggerakkan kursor, bahkan untuk aktivitas bermain game. Beberapa masalah yang sering terjadi antara lain sebagian tombol tidak berfungsi, tiba-tiba mengetik sendiri, beberapa fungsi tombol tertukar, atau bahkan tidak berfungsi sama sekali. Jika perangkat vital ini mengalami kerusakan tentu pekerjaan komputasi menjadi terhambat dan tidak bisa selesai tepat waktu. Sebagian besar masalah tersebut biasanya disebabkan oleh kondisi keyboard yang kotor, berdebu, atau terkena cairan. Maka menjaganya selalu bersih dari kotoran, debu, maupun cairan menjadi sebuah kewajiban. Berikut ini langkah-langkahnya.

1)    Sebelum memulai aktivitas pembersihan keyboard laptop, wajib bagi anda memastikan bahwa laptop anda sudah dalam keadaan mati. Shut down terlebih dahulu jika masih menyala atau masih dalam kondisi sleep. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya korslet saat tombol keyboard sedang dalam proses pembersihan. Jangan lupa pula untuk melepaskan semua perangkat yang sedang mencolok atau menempel pada laptop seperti charger, kabel USB, maupun perangkat headset.

2)    Bawalah laptop anda ke tempat yang memiliki intensitas cahaya terang. Supaya tumpukan debu atau kotoran terlihat dengan jelas untuk mempermudah proses membersihkan. Siapkan alat pembersih seperti vacum debu, kompresor angin, atau kuas kecil, serta cairan pembersih khusus atau alkohol.

3)    Bersihkan keyboard dengan cara memiringkan atau meletakkan laptop dengan kondisi terbalik. Tujuannya supaya debu dan kotoran bisa jatuh dengan mudah jika dibersihkan. Aturlah sudut dimana anda bisa melakukan pembersihan secara maksimal. Lakukan pembersihan secara keseluruhan dimulai dari barisan tombol paling atas sampai yang paling bawah. Lakukan pula secara vertikal dan horizontal untuk setiap tepian tombol.

4)    Lakukan pengecekan dengan cara menekan setiap tombol untuk memastikan tidak ada yang mengganjal. Hal ini juga berfungsi untuk membantu kotoran dan debu keluar lebih mudah. Lakukan dalam posisi laptop tetap terbalik. Penggunaan vacum cleaner juga efektif menjangkau setiap sudut yang rawan menjadi tempat debu. Perhatikan untuk selalu menggunakan vacum cleaner yang bertekanan rendah supaya tidak mengganggu fungsi keyboard.

5)    Anda juga bisa mengulangi membersihkan menggunakan brush make up yang lembut. Tujuannya tentu saja untuk memastikan bahwa debu yang terselip sudah benar-benar bersih.

6)    Selanjutnya, bersihkan bagian atas tombol dengan menggunakan kain halus atau kapas yang telah diberi alkohol berkadar rendah atau cairan pembersih khusus. Lakukan dengan cara mengusap-usap dengan pelan.

7)    Tunggulah beberapa saat hingga kering dan perhatikan untuk tidak menempatkan laptop pada tempat yang berdebu.

8)    Anda juga bisa menggunakan bantuan hair dryer untuk mengeringkan. Hanya saja anda harus memastikan pembersihan sudah benar-benar dilakukan secara maksimal. Hal tersebut untuk menghindari dorongan dari hair dryer supaya tidak membuat kotoran atau debu semakin masuk ke dalam.

9)    Cara terakhir adalah dengan mencabut keyboard laptop. Namun cara yang satu ini tidak disarankan bagi pengguna awam atau tidak memiliki keahlian khusus. Meski menjadi cara yang paling ampuh untuk membersihkan perangkat ketik anda, cara ini memiliki resiko paling tinggi. Bahkan bisa membuat tombol keyboard menjadi error dan tidak berfungsi. Mintalah bantuan teman yang lebih paham dan lebih ahli.

10)  Lakukanlah kegiatan pembersihan keyboard laptop di atas minimal 2 kali dalam satu minggu.

Selain cara membersihkan keyboard laptop di atas, anda juga bisa mempraktekkan beberapa tips di bawah ini untuk meminimalisir agar tidak mudah kotor atau terkena debu. Sehingga keyboard bisa lebih awet dan tidak cepat rusak. Berikut ini beberapa tipsnya untuk anda.

     Gunakan keyboard protector untuk melindunginya dari terkena debu dan cairan. Meski tidak akan melindungi secara maksimal, setidaknya dapat meminimalisir kotoran yang masuk. Jika anda khawatir keyboard protector akan membuat laptop lebih cepat panas, anda bisa memasangnya setelah selesai menggunakan laptop atau saat hendak menyimpannya.

     Menyimpan laptop dalam sebuah tas khusus juga menjadi salah satu cara yang efektif untuk melindungi laptop baik dari debu, kotoran, maupun benda cair.

     Jangan menggunakan laptop sambil merokok. Kotoran yang dihasilkan dari rokok rentan jatuh di atas perangkat anda. Selain berbahaya juga berpotensi merusak keyboard.

     Hindari menekan tombol terlalu keras. Biasanya terjadi saat anda sedang asyik bermain game. Lebih baik gunakan keyboard eksternal atau wireless untuk aktivitas bermain game. Menekan terlalu keras bisa merusak atau mengurangi sensitifitas dari tombol.

     Hindari juga menempatkan benda cair di sekitar perangkat anda, termasuk minuman anda. Benda cair yang tumpah sangat berpotensi merusak perangkat ketik anda.

Sekian informasi mengenai cara membersihkan keyboard laptop dengan baik dan benar. Membersihkan perangkat ketik anda secara rutin sangat penting dilakukan untuk menjaganya agar tidak mudah rusak atau error. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk anda.

Cara Membersihkan Keyboard Laptop dengan Baik dan Benar | admin | 4.5