Beberapa Cara Mempercepat Kinerja Laptop Windows 10 Dengan Cukup Mudah

Dalam perkembangannya, kini kita melihat bahwa OS terbaru dari Windows adalah edisi ke 10. Dengan pembaruan yang spesial dan keren, OS ini digemari oleh para pengguna. Namun, tentu saja OS ini tidak lepas dari masalah yang mungkin terjadi, salah satunya adalah kinerja perangkat yang lambat dan bermasalah. Nah, pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai cara mempercepat kinerja laptop Windows 10 dimana bisa anda lakukan dengan cukup mudah.

Masalah perangkat yang tidak memiliki akses lancar tersebut memang muncul karena beberapa hal. Adapun beberapa penyebab umum dari masalah ini adalah perangkat yang terlalu panas, program yang terlalu berat, dan lainnya. Adanya masalah-masalah tersebut tentu akan menghambat kerja anda dalam mengoperasikannya. Berikut ada beberapa solusi dimana anda bisa menerapkannya dengan baik. Simak beberapa penjelasannya di bawah ini. Selamat membaca!

Upgrade Hardware

Salah satu cara terbaik untuk mempercepat kinerja laptop Windows 10 adalah dengan melakukan upgrade pada bagian hardware. Spesifikasi dari hardware akan sangat berpengaruh pada performa dari perangkat. Dalam hal ini, performa laptop yang menurun memang terkadang disebabkan oleh hardware yang tidak standard atau di bawah spesifikasi. Coba cek detail hardware dari perangkat anda dan lakukan upgrade untuk beberapa hardware, seperti VGA, RAM atau HDD.

Mematikan Background Apps

Mematikan aplikasi yang berjalan pada background juga dapat menjadi solusi untuk meningkatkan kinerja perangkat anda. Aplikasi yang berjalan di latar belakang akan memakan memori RAM dalam jumlah cukup besar. Jika space RAM habis karena masalah ini, maka kinerja akan menjadi lebih lambat dan pasti anda akan merasakan kerugian saat pengoperasian. Oleh karena itu, matikan aplikasi ini guna membuat akses menjadi lancar. Langkah guna melakukannya adalah melalui task manager lalu pilih menu aplikasi dan matikan.

Matikan Visual Effect

Beberapa pengguna menambahkan visual effect guna mendapatkan tampilan perangkat yang baik dan menawan. Namun, visual effect tersebut sebenarnya akan menghambat kinerja karena akan memperberat sistem. Oleh karena itu, akan lebih baik jika anda mematikannya saja dengan tujuan untuk membuat akses menjadi lebih lancar dan sistem tidak akan mengalami gangguan.

Matikan Aplikasi Startup

Karena perkembangannya, ada beberapa aplikasi startup yang akan menyala ketika perangkat dihidupkan. Aplikasi ini memang menarik namun di satu sisi akan mengakibatkan masalah pada akses. Masalah dimana sering terjadi adalah sistem menjadi lambat dan tidak bisa berfungsi secara optimal. Dalam hal ini, guna membuat booting menjadi lebih lancar, maka matikan saja aplikasi ini melalui task manager.

Uninstall Aplikasi Tidak Dibutuhkan

Salah satu cara mempercepat kinerja laptop Windows 10 adalah dengan menghapus atau uninstall aplikasi dimana tidak dibutuhkan. Meskipun aplikasi tersebut tidak digunakan, namun tetap saja aplikasi membutuhkan memory dan akan memenuhi space RAM. Aplikasi tak terpakai inilah sebagai biang keladi dari performa laptop dimana terkadang lambat. Oleh karena itu, penting bagi anda guna memilih software atau aplikasi penting untuk diinstal dan menghapus lainnya.

Instal Aplikasi Hemat Resource

Dalam memilih software perlu kiranya anda memilih software dimana bisa menghemat space pada RAM. Pada masa kini sudah banyak aplikasi sejenis tersedia dengan beberapa versi. Nah, lakukan pemilihan secara efektif dimana anda bisa menggunakan aplikasi yang tidak terlalu banyak memakan RAM sehingga running task bisa berjalan dengan lancar tanpa halangan apapun.

Menghemat Partisi Sistem

Untuk melancarkan running task, maka sebaiknya anda menghemat partisi dalam sistem. Dalam hal ini, anda bisa menghemat partisi sistem tersebut. Caranya adalah dengan melakukan penghapusan junk file atau temporary file secara berkala. File tidak berguna dan terus menumpuk akan menjadi penyebab laptop Windows 10 menjadi lambat dan tidak bisa digunakan secara lebih optimal dalam berbagai kebutuhan.

Tidak Menggunakan Tema

Windows memang memberikan tema default untuk dipilih. Hanya saja, beberapa pengguna tampak belum puas dengan tema tersebut sehingga mereka mencari tema lain dimana lebih fresh dan keren. Namun, perlu diketahui bahwa tema tersebut terkadang berefek buruk pada performa. Tema dimana terlalu berat akan menyebabkan perangkat tidak bisa bekerja maksimal. Oleh karena itu, salah satu tips mempercepat kinerja laptop Windows 10 adalah dengan tidak menggunakan tema selain tema bawaan.

Lakukan Defrag Hard Disk

Masalah muncul pada kinerja laptop cukup sering disebabkan oleh kerusakan atau masalah pada hard disk. Hard disk dimana tidak bisa membaca perintah dengan baik akan membuat perangkat memiliki loading lama. Solusi dimana bisa dilakukan adalah melakukan defrag hard disk secara berkala dan teratur. Defrag akan membuat pengguna mengetahui mana kerusakan pada hard disk yang ia miliki.

Scan Virus

Kita tentu paham bahwa virus adalah ancaman bagi laptop dengan semua OS. Virus memang menjadi salah satu sebab dari menurunnya kinerja perangkat laptop anda. Dalam hal ini, program dimana terinfeksi virus tidak akan bekerja dengan optimal dan tentu saja akan bermasalah. Oleh karena itu, sebagai langkah pencegahan, maka sebaiknya anda melakukan scanning virus secara berkala. Langkah ini tentu saja merupakan langkah tepat dimana kerusakan lebih parah tidak akan terjadi.

Dari beberapa penjelasan di atas, kita dapat melihat bahwa ada beberapa cara mempercepat kinerja laptop Windows 10 dimana bisa kita lakukan dengan baik. Langkah perbaikan tersebut akan membuat laptop Windows 10 mampu bekerja dengan baik dan optimal sehingga pekerjaan anda dapat selesai dengan lancar. Semoga penjelasan tersebut bisa membantu anda.

Beberapa Cara Mempercepat Kinerja Laptop Windows 10 Dengan Cukup Mudah | admin | 4.5