7 Cara Terbaik Mengatasi Layar Laptop Kedap Kedip

Laptop memang jadi barang elektronik yang kini sangat dibutuhkan keberadaannya. Laptop banyak dipergunakan untuk memudahkan proses tulis menulis yang dulu mempergunakan tangan secara manual. Selain dipergunakan untuk pembuatan berbagai dokumen, laptop juga dipergunakan sebagai hiburan. Membuka media sosial, browsing, bermain game dan beragam kegiatan lainnya. Namun secanggih-canggihnya barang elektronik tentu tidak terlepas dari masalah error. Layar laptop kedap kedip misalnya. Masalah ini sangat sering dijumpai. Dan tahukah kalian, bila tengah menghadapi masalah seperti ini tak perlu dibawa ke tukang servis. Kita dapat mengatasinya sendiri dirumah. Bagaimana caranya? Simak lebih lanjut!

Penyebab Dan Cara Mengatasi Layar Berkedip

Tidak ada asap bila tidak ada api. Ungkapan ini jelas berlaku dalam berbagai hal termasuk masalah pada laptop. Tentu notebook tidak akan bermasalah bila tidak ada penyebabnya. Mengetahui penyebab masalah juga sangat penting, agar kita dapat mengetahui cara terbaik mengatasi layar laptop berkedip. Apa saja penyebab error pada monitor notebook?

  1. Refresh rate

Setiap komponen didalam laptop harus berkesinambungan agar dapat bekerja dengan baik serta lancar. Refresh rate disetiap monitor notebook memang berbeda-beda berdasarkan kemampuan diberikan. Ternyata bila refresh rate ini tidak diatur dengan tepat, dapat menyebabkan terjadinya error atau kondisi tidak stabil. Dan terkadang membuat layar berkedip-kedip. Solusi yang tepat dalam masalah ini ialah mengatur refresh rate tersebut. kalian dapat mengaksesnya dengan membuka menu control panel kemudian pilih appearance and personalization. Setelah itu klik display dilanjutkan screen resolution dan pilih advanced setting. Nantinya akan muncul kotak dialog display klik tab monitor lalu klik opsi properties. Setelah itu muncullah pilihan refresh rate yang dapat digunakan. Umumnya refresh rate monitor digunakan adalah 60 Hz.

  1. Resolusi layar

Biasanya ketika kalian mengganti monitor PC atau mengganti sistem operasi komputer, resolusi monitor akan berubah atau harus dirubah. Pengaturan resolusi tak kalah penting diperhatikan. Dimana resolusi tepat akan membuat tampilan layar nyaman. namun bila resolusi tidak tepat akan membuat tampilan layar tidak sempurna, pecah-pecah hingga berkedip-kedip. Solusi masalah ini sangatlah mudah, cukup dengan menurunkan resolusi yang terlalu tinggi tersebut. Caranya dengan membuka menu control panel > appearance and personalization > display > screen resolution. Kemudian pilih resolusi yang sesuai opsi resolution. Turunkan dan sesuaikan resolusi yang ada.

  1. Processor panas

Ternyata processor juga dapat mempengaruhi kinerja monitor. Dari kebanyakan kasus terjadi, fan processor tidak bekerja dengan baik. hal ini menyebabkan proses pendinginan processor tidak berjalan baik. jelas akan berimbas pada processor yang lebih cepat panas dan mempengaruhi semua komponen laptop termasuk monitor. Oleh karena itu pastikan kipas atau fan processor berjalan dengan normal. bersihkan dari debu yang menempel pada fan dan heatsink. Dapat pula mengganti baru.

  1. VGA bermasalah

Selain processor, VGA tak kalah penting dalam kinerja monitor. Kabel VGA sangatlah krusial. Bila kabel tersebut bermasalah, penyaluran data dari CPU menuju monitor akan bermasalah juga. Jika data yang diterima tidak stabil, layar berkedip bisa juga terjadi. Cara mudah mengatasi LCD laptop kedap kedip adalah coba terlebih dahulu menggunakan kabel VGA lainnya. Jika error tidak terjadi baru kita membelikan kabel VGA baru.

  1. VGA driver perlu diupdate

Hardware serta sistem operasi yang berganti jadi lebih canggih jelas memerlukan driver lebih baru. Pasalnya hal ini dapat mensupport hardware atau sistem operasi terbaru yang dipergunakan. Oleh sebab itu VGA driver harus selalu rajin di update agar dapat mensupport atau menunjang kinerja notebook.

  1. VGA bermasalah

VGA memang berperan penting dalam monitor. Apabila VGA bermasalah tentu membuat tampilan monitor juga bermasalah. Pada PC biasanya tersedia VGA add-on, yang dapat dipergunakan untuk mengecek apakah VGA benar sedang bermasalah. Akan tetapi untuk laptop hampir semua laptop memakai VGA built in atau terpasang langsung pada mainboard. VGA yang terpasang langsung membuat kita tidak dapat berbuat apa-apa. Karena hanya ahli servis yang biasanya dapat mengatasi masalah VGA on-mainboard.

  1. Pasokan listrik tidak stabil

Notebook erat kaitannya dengan arus listrik. Terkadang pasokan daya listrik yang naik turun membuat komputer tidak stabil. Sebab daya listrik diterima komponen tidak sesuai dengan yang diperlukan. Kadang terlalu rendah, normal atau bahkan terlalu tinggi. pasokan arus listrik masuk ini sering membuat kecerahan layar monitor berubah-ubah dan terlihat seperti layar laptop kedap-kedip. Bila kondisi ini terus dibiarkan, lambat laun bukan hanya mengganggu kenyamanan pandangan monitor. Juga dapat merusak komponen dalam CPU. Cara mengatasinya sangat mudah, agar daya diterima tetap stabil, cukup menggunakan stabilizer atau UPS.

Tips Merawat LCD

–      Agar tidak ada benda asing masuk dan merusak kemampuan laptop. Namun sebelum membersihkan LCD, matikan terlebih dahulu laptop kalian. barulah bersihkan LCD menggunakan cairan khusus pembersih LCD.

–      Jangan pernah menyentuh layar laptop dengan benda tajam. Atau menekan layar dengan keras.

–      Ketika laptop tertutup, usahakan laptop tidak mengalami tekanan. Seperti meletakkan benda-benda berat diatas laptop. Atau meletakkan barang elektronik lain seperti hp, tablet atau beragam lainnya.

Demikianlah ulasan kita kali ini mengenai masalah layar laptop kedip kedip. Jika semua cara mengatasi masalah tersebut tetap tidak mempengaruhi monitor dan tetap berkedap kedip. Lebih baik kalian langsung membawanya ke tukang servis. Jangan lupa agar LCD tetap terjaga dan awet, lakukan tips perawatannya.

7 Cara Terbaik Mengatasi Layar Laptop Kedap Kedip | admin | 4.5