6 Cara Mempercepat Kinerja Laptop Windows 7 Dengan Mudah

Pada kesempatan ini, kita akan membahas mengenai cara mempercepat kinerja laptop Windows 7. Meskipun edisi 10 dari Windows sudah muncul, namun edisi ke 7 masih cukup banyak digunakan oleh masyarakat. Tentu, setiap pengguna ingin memiliki sebuah perangkat laptop yang memiliki performa bagus dengan OS yang mereka instal. Hal ini dikarenakan OS cukup berpengaruh pada performa perangkat.

Laptop memang terkadang mengalami masalah ketika dioperasikan, seperti akses dan performa mereka menurun atau menjadi lebih lambat. Ada cukup banyak penyebab mengenai masalah ini, seperti perangkat yang terlalu banyak, program yang terlalu berat, kerusakan pada komponen, atau lainnya. Namun, pada kesempatan ini kita akan membahas hal-hal dimana secara khusus berhubungan dengan jenis OS dari perangkat tersebut. Simak beberapa penjelasan menarik di bawah ini.

Uninstall Bloatware

Salah satu solusi yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah perangkat lambat pada OS tertentu adalah dengan melakukan uninstall pada bloatware. Perlu dipahami bahwa bloatware ini adalah software dimana sudah terinstal ketika kita membeli perangkat. Beragam software tersebut biasanya cukup banyak dalam segi jumlah namun seringkali tidak digunakan dan hanya memakan ruang penyimpanan serta data saja.

Selain itu, beberapa software juga terkadang akan berjalan otomatis pada saat anda menyalakan perangkat anda tersebut sehingga tentu akan menyebabkan proses booting menjadi lambat. Oleh karena itu, software tersebut harus segera disingkirkan. Caranya cukup mudah yakni dengan melakukan uninstall perangkat dengan membuka control panel.

Batasi Startup Process

Langkah lain guna dilakukan demi mempercepat kinerja laptop Windows 7 adalah membatasi startup process. Ini merupakan langkah tepat juga efektif dimana Windows akan bekerja dengan lebih baik ketika proses pada startup dibatasi. Lantas, bagaimana langkah untuk melakukan ide ini?

Untuk kali pertama, ketik MSCONFIG pada kolom pencarian dan tekan enter. Setelah itu, anda akan melihat beberapa daftar proses beserta aplikasi lengkap dengan pengaturannya. Nah, buka pengaturan tersebut dan cari proses dimana sebenarnya anda tidak memerlukannya. Lalu, hilangkan centang pada software tersebut untuk mematikan proses.

Tambah RAM

RAM adalah salah satu komponen yang sangat penting pada laptop. Memori RAM akan menyediakan space dimana bisa digunakan untuk menjalankan program secara lebih baik dan lancar. Ketika memori RAM terbatas, maka program dan software tidak bisa dijalankan dengan baik. Akibatnya, laptop akan menjadi lebih lambat dan kinerja tidak akan stabil. Oleh karena itu, menambah RAM dapat menjadi solusi terbaik guna diaplikasikan.

Dalam hal ini, coba cek total memori RAM dimana anda miliki. Dalam hal ini, minimal RAM untuk digunakan adalah 2GB pada program 32b-bit dan 4GB pada program 64-bit. Jika RAM dirasa kurang, maka software tidak bisa berjalan dengan normal dan stabil. Oleh karena itu, lakukan penambahan RAM jika diperlukan.

Matikan Search Indexing

Pilihan lain sebagai cara mempercepat kinerja laptop Windows 7 yang tepat adalah dengan mematikan search indexing. Ini merupakan cara lain dimana akan cukup maksimal mengatasi masalah akses lambat. Search indexing sendiri merupakan fitur penting untuk melakukan indeks dari berbagai entri yang ada di perangkat sehingga anda akan lebih cepat menemukan file atau data yang diinginkan.

Jika dilihat sekilas, fitur tersebut memang bisa dikatakan sangat membantu kebutuhan pengguna. Namun, di sisi yang lain fitur tersebut akan membuat kinerja menjadi lebih lambat. Oleh karena itu, jika anda merasa bahwa fitur ini kurang digunakan dalam keperluan sehari-hari, agaknya anda sebaiknya mematikan fitur ini saja. Caranya adalah dengan mengklik index pada start menu lalu menghilangkan centang pada pengaturannya.

Defrag Hard Disk

Langkah lain yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan defrag hard disk. Ini merupakan langkah tepat dimana bisa menjadi solusi efektif untuk masalah laptop yang lambat pada Windows 7. Dalam hal ini, defrag bisa menjadi cara guna menemukan masalah hard disk sebagai penyebab lambatnya perangkat. Masalah pada hard disk memang menjadi salah satu sebab utama perangkat tidak bekerja dengan baik.

Nah, untuk melakukan defrag hard disk ini, anda bisa menuju ke control panel, lalu memilih system and security. Dalam menu tersebut ada pilihan defragment and optimize your drive. Jalankan tool ini maka secara otomatis system akan mencari kerusakan pada hard disk anda. Tidak hanya itu, sistem juga akan melakukan perbaikan secara otomatis.

Ubah Power Setting

Mengubah power setting juga dapat menjadi solusi guna mempercepat kinerja laptop Windows 7. Dalam hal ini, kita bisa melihat bahwa OS memberikan beberapa pilihan power setting guna diterapkan. Masing-masing pilihan memiliki kriteria dan konsekuensinya masing-masing. Oleh karena itu, perlu bagi anda untuk mengetahui layanan atau detail dari power setting tersebut.

Setidaknya, dalam hal ini ada beberapa pilihan guna dipertimbangkan, seperti low, medium dan high. Tentu, performa laptop akan cenderung lebih baik dengan setting high pada power setting. Hal ini dikarenakan high setting akan memberikan kinerja paling maksimal. Namun, tentu daya yang dibutuhkan untuk menjalankan perangkat terbukti cukup besar sehingga sebaiknya anda tidak menggunakan setting ini saat perangkat tidak terkoneksi dengan sumber daya listrik melalui charger.

Dari beberapa keterangan di atas, kita bisa melihat bahwa setidaknya ada sekitar 6 cara mempercepat kinerja laptop Windows 7 dimana bisa kita lakukan dengan baik dan mudah. Beberapa langkah di atas dapat menjadi solusi agar kita memiliki laptop dengan performa yang stabil. Terapkan beberapa langkah tersebut dan rasakan perbaikannya. Semoga bermanfaat.

6 Cara Mempercepat Kinerja Laptop Windows 7 Dengan Mudah | admin | 4.5