4 Cara Mengatasi Layar Laptop Bergaris Horizontal

Kemajuan teknologi memang tidak bisa dihindari. Kemajuan teknologi juga memberikan manfaat yang sangat besar bagi semua kalangan masyarakat. salah satu bukti pesatnya kecanggihan teknologi ialah keberadaan laptop. Bila dulu sistem tulis menulis hanya menggunakan tangan, saat ini dipermudah menggunakan laptop. Akan tetapi secanggih-canggihnya teknologi tidak bisa terlepas dari masalah. Layar laptop bergaris horizontal termasuk masalah yang cukup sering ditemui.

Meskipun terlihat sebagai masalah kecil, namun sangat membantu kinerja penggunaan laptop. Dimana keyboard dan monitor jadi kesatuan yang tidak dapat terpisahkan. Penggunaan notebook akan berjalan lancar bila keduanya dapat berkolaborasi dengan baik dan sempurna. Sebenarnya mengapa masalah ini dapat terjadi? Dan adakah solusi mudah guna mengatasinya? Simak lebih lanjut!

Penyebab Laptop Bergaris

Tak berbeda jauh dengan manusia, agar penyakit dapat sembuh sempurna diagnosa penyakit terlebih dahulu dilakukan. Supaya bisa memperoleh pengobatan terbaik. Begitupun dengan notebook. Dengan mengetahui penyebabnya, cara mengatasi akan lebih mudah. biasanya monitor bermasalah memiliki tanda-tanda tertentu. Mulai dari tampilan layar blue screen, bergaris-garis, hingga blank dan hanya gelap tanpa ada tanda-tanda cahaya. Biasanya untuk LCD bergaris terdapat dua tipe yang muncul.

Pertama berupa garis lurus memanjang vertikal maupun layar laptop bergaris horizontal dengan warna hitam atau putih dan tidak bergerak. Gangguan ini umumnya disebabkan oleh kerusakan pada bagian panel screen LCD. Kedua berupa garis gelombang yang memanjang secara mendatar dan bergerak naik turun atau berupa garis-garis kecil uang muncul secara random. Masalah tersebut jadi tanda adanya gangguan pada kabel panel LCD, VGA, RAM atau hardware lain yang mempengaruhi LCD.

Cara Mengatasi Laptop Bergaris

Sudah kita ulas tadi bahwa penyebab terjadinya masalah pada monitor notebook beragam. Sudah pasti cara mengatasinya berbeda pula. Jangan terburu-buru dibawa ke tukang servis laptop, akan lebih baik bila mencoba beberapa cara ini yang dapat dilakukan sendiri dirumah.

  1. Pixel Repairer

Terjadinya dead pixel biasanya mengakibatkan kerusakan panel LCD yang ditandai garis lurus tidak bergerak berwarna hitam atau putih halus. Dead pixel sendiri dapat terjadi karena LCD memiliki tekanan yang terlalu keras atau memang sudah cacat saat membeli. Pixel repairer merupakan sebuah software pendeteksi dead pixel bagi pengguna windows. Disamping mendeteksi dead pixel juga dapat memperbaikinya tanpa harus repot membongkar layar LCD.

Program ini berukuran ringan, jadi tidak membebani kinerja laptop. Disamping itu ketika kalian menjalankan program pixel repairer, tetap dapat menjalankan program lain tanpa mengganggu kinerja program tersebut. Berikut ini cara mengatasi LCD laptop bergaris horizontal menggunakan pixel repairer.

–      Buka dan jalankan program pixel repairer pada laptop kalian.

–      Pilih/klik ikon repair lalu klik add guna menambahkan dan mensetting area perbaikan.

–      Drag kotak repairer ke lokasi dimana dead pixel ditemukan.

–      Pergunakan salah satu mode konfigurasi repairer. Misalnya saja solid. Bila belum berhasil ganti menggunakan mode noise.

–      Untuk size, pilih ukuran yang mencakup area dead pixel berada. Sedangkan frekuensi umumnya 60 Hz. Segera ubah bila ternyata tidak 60 Hz.

–      Klik add kembali guna menambahkan area repairer lainnya. hal ini dilakukan bila kalian menemukan dead pixel lebih dari satu. Caranya tetap mengikuti langkah awal tadi.

–      Bila semua dead pixel telah selesai, software akan menjalankan perbaikan dan tunggu beberapa saat.

  1. Memeriksa kabel

Penyebab dan cara mudah mengatasi layar bergaris selanjutnya adalah memeriksa kabel. Kabel fleksible penghubung layar monitor dengan motherboard ternyata dapat jadi penyebab terjadinya error pada layar. Pastikan sambungan kabel tersebut, pastikan terpasang dengan baik dan benar. meskipun hanya kendor, dapat mempengaruhi kinerja monitor. Disamping kendor, kabel juga bisa mengalami kerusakan. Coba hubungkan notebook ke layar monitor eksternal, bila garis-garis tetap muncul. Berarti masalah kerusakan bukan dari kabel fleksible layar atau panel screen layar. Bisa jadi kerusakan terjadi karena rusaknya komponen lain seperti masalah VGA, RAM dapat pula dari hardisk.

  1. Memeriksa RAM, VGA atau Hardisk

Langkah awalnya adalah coba buka dan bersihkan pin-pinnya menggunakan penghapus. Lalu pasangkan kembali dengan baik. Apabila terdapat dua slot RAM, coba pindahkan. Jika belum berpengaruh, coba pasang RAM lainnya, apakah garis-garis tidak muncul lagi? Jika garis tidak muncul, dapat dipastikan masalah terdapat pada RAM. Namun bagaimana bila masih muncul? Lanjutkan memeriksa VGA bila masalah masih muncul. Bila VGA laptop kalian dapat dilepas, coba hapus pin-pinnya dan lakukan hal sama seperti RAM diatas tadi.

Sayangnya hal ini tidak dapat dilakukan pada VGA onboard. Hardisk maupun kabel hardisk rusak atau tidak terpasang sempurna juga jadi penyebab layar bergaris. Kita dapat memastikannya dengan mengecek atau mengganti kabel hardisk. Dapat pula memasang kabel hardisk lain untuk memastikannya.

  1. Update driver VGA

Ternyata masalah layar bergaris pada notebook juga dapat disebabkan karena driver yang sudah lama tidak diupdate. Hal ini dapat terjadi karena kurang singkronnya driver VGA lama dengan program baru. cara mengatasinya sangat mudah, cukup mendownload update driver VGA yang biasanya telah disediakan di web resmi vendor notebook masing-masing.

Demikianlah beberapa cara mengatasi layar laptop bergaris horizontal yang sering dijumpai. Bila kita mengetahui penyebabnya, maka solusi mengatasinya juga lebih tepat. selain menggunakan program pixel repairer, terdapat beberapa cara lain yang tak kalah mudah. apabila kesemua cara tersebut telah dilakukan tapi tetap tidak ada perubahan apapun pada monitor. Sebaiknya segera dibawa ke ahlinya tukang servis.

4 Cara Mengatasi Layar Laptop Bergaris Horizontal | admin | 4.5