time 1 year yang lalu di topik #Komputer

Cara Agar Laptop Tidak Cepat Panas

Ketika mengerjakan tugas maupun pekerjaan kantor dengan menggunakan laptop terkadang kita sering lupa waktu sehingga bisa seharian full menggunakan laptop tanpa memikirkan untuk menistirahatkan laptop walaupun hanya sebentar saja.

Laptop memang hanya sebuah benda elektronik dan tak kenal dengan kata lelah, tapi dengan memaksa laptop bekerja berhari-hari bisa membuat kinerja komponennya menjadi menurun dan akibatnya laptop akan menjadi cepat panas atau bahasa lainnya overheat. Nah, jika sudah sering mengalami overheat maka mau tidak mau anda harus mempelajari Bagaimana Cara Mengatasi Overheat Pada Komputer/Laptop.

Cara Agar Laptop Tidak Cepat Panas

Menggunakan laptop seharian bukan menjadi salah satu penyebab laptop sering mengalami overheat, masih ada penyebab lain misalnya saja ventilasi udara pada laptop kotor sehingga menyebabkan sirkulasi udara dilaptop tidak bisa diatur dengan stabil.

Lalu bagaimana untuk mengatasi hal ini?, jika ingin laptop milik anda tidak panas atau overheat sebaiknya anda hidari dan jalankan anjuran yang saya paparkan di bawah ini

Cara Agar Laptop Tidak Cepat Panas

Pastikan Jika Ventilasi Udara Tidak Tertutup
Saat bermain laptop sebaiknya anda pastikan bahwa ventilasi atau vent pada laptop tidak tertutup benda apapun. Karena jika terjadi, maka sirkulasi udara dilaptop tidak akan dapat diatur dan hawa panas akan tetap berada didalam perangkat laptop. Jadi, ada baiknya anda jauhkan berbagai benda yang bisa menutup ventilasi laptop, seperti halnya bermain laptop diatas kasur, kasur merupakan benda yang empuk dan akan menyerap panas serta bisa menutup ventilasi udara pada laptop anda.

Bersihkan Debu yang Menempel Pada Ventilasi
Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, bahwa debu yang menutupi ventilasi bisa membuat sirkulasi udara menjadi tidak normal, maka bersihkanlah debu tersebut dengan alat khusus pembersi komputer/laptop dan kalau bisa ada baiknya anda bersihkan juga fan kipas karena sudah dipastikan jika debu tersebut pasti juga menempel pada fan kipas laptop.

Tambah Thermal Paste yang sudah Mengering
Pada laptop khususnya dibagian Processor terdapat Thermal Paste yang bertugas untuk mengurangi panas pada laptop. Jika laptop yang sudah berumur cukup lama, maka dapat dipastika Thermal Pastenya sudah mengering dan tidak berfungsi secara optimal lagi dan jika sudah begini maka dapat dipastikan bahwa processor pun tidak dapat menahan panas dan akibatnya berdapak pada laptop yang panas.

Gunakan Cooling Pad
Cooling Pad merupakan sebuah alat yang dirancang untuk membantu sirkulasi udara laptop, biasanya cooling pad akan diletakan tepat dibawah laptop. Jadi, ada baiknya jika anda menggunakan laptop selalu gunakan cooling pad juga.

Namun, sebelum menggunakan cooling pad, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui. Agar menggunakan cooling pad tidak menjadi penyebab buruk terhadap laptop. Karena cooling pad bertugas untuk membantu keluar masuknya udara, ada baiknya untuk menjaga cooling pad agar tidak berdebu. Karena jika cooling pad berbedu, maka debu tersebut akan ikut masuk juga kedalam laptop.

Lihat Lingkungan Sekitar
Sebelum menggunaak laptop, adabaiknya anda perhatikan tempat anda bermain. Apakah suhu ditempat tersebut dingin atau bahkan panas. Nah, jika suhu dirasa panas, maka hindari untuk bermain ditempat tersebut.

Tutup Program yang tidak digunakan
Tentunya semakin banyak program yang dijalankan, maka akan semakin banyak pula kinerja laptop yang harus dikeluarkan. Karena terlalu banyak mengeluarkan tenaga, maka akibatnya laptop akan terasa sangat panas saat dimainkan. Jadi, ada baiknya untuk menutup semua program yang sedang tidak digunakan.

Atur Power Plan
Pada windows vista, 7, 8 dan 10, pihak microsof sudah menambahkan fitur untuk mengatur power plan. Ini bertujuan agar pemilik komputer/laptop bisa mengatur konsumsi energi dan penggunaan hardware.

Pastikan untuk mengatur power plan sesuai dengan kegunaan. Jika hanya untuk kegiatan browsing anda bisa mengatur power plan pada pilihan “Power Saver”. Cara mengaturnya cukup klik button star dan pada pencarian ketikan power plan. Untuk jalan termudah bisa klik icon baterai maka akan ada fitur “Power Saver”

Agar laptop yang kamu miliki bisa bertahan lama, adabaiknya untuk terus menjaga dan merawat laptop. Termasuk untuk menghidari hal-hal yang menyebabkan laptop menjadi cepat panas. Saya rasa cukup sampai disini saja artikel kali ini. Semoga membantu dan bermanfaat,

Cara Agar Laptop Tidak Cepat Panas | admin | 4.5