time 1 year yang lalu di topik #Komputer

Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Mati Sendiri

Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Mati Sendiri -Memang sangat menyebalkan jika laptop mati sendiri, apalagi saat kita sedang asyik mengoperasikan laptop seperti bermain game dan posting di blog. Selain itu, jika aptop mati sendiri juga membuat kita sebagai pemilik laptop khawatir.

Pastinya ketika laptop mati sendiri kalian bertanya-tanya mengapa laptop saya tiba-tiba mati ya? dan rasa takut pun mulai muncul, takut laptopnya rusak. Apalagi yang punya uang pas-pasan. Pasti mikir, mana nggak punya duit, laptop rusak.

Tapi sebaiknya anda jangan berpikir yang buruk dulu. Mana tahu penyebabnya bisa anda atasi. Silahkan saja sobat coba cara berikut ini, kali aja berhasil untuk mengatasi laptop sobat yang suka mati sendiri.

Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Mati Sendiri

Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Mati Sendiri

1. Masalah RAM
RAM merupakan media penyimpanan sementara pada komputer ataupun laptop. Jika RAM bermasalah maka ada kemungkinan dampaknya akan terasa pada laptop dan membuat laptop anda mati sendiri.

Bisa jadi RAM sobat kotor, jadi jika sobat paham soal bongkar-bongkar laptop sebaiknya sobat coba untuk membokar dan mencabut RAM tersebut lalu bersihkan dengan perlahan tembaganya dengan penghapus setelah selesai baru sobat coba pasang kembali. Namun jika sobat ragu, sebaiknya jangan dilakukan.

2. Banyak Debu dan Kotoran yang Menempel
Ini merupakan suatu yang sepele namun sangat fatal. Pastinya anda berpikir, kok debu bisa jadi penyebabnya. Ya bisa lah, debu tersebut bisa menghabat udara panas yang ingin keluar selain itu bisa membuat heatsink tidak berkerja secara optimal dan akhirnya membuat laptop menjadi cepat panas. Akibat yang ditimbulkan karena laptop terlalu panas yaitu laptop mati sendiri

3. Pasta Prosesor Kering
Kalau yang ini memang sering terjadi jika komputer sudah berumur lama. Pasta prosesor yang kering menyebabkan panas pada prosesor tidak terbuang ketempat yang seharusnya sehingga membuat laptop menjadi terlalu panas dan cepat mati.

Untuk cara mengatasinya silahkan sobat buka prosesornya dan olehskan pasta prosesor secara merata. Untuk membeli pasta prosesor silahkan sobat kunjungi toko komputer di kota sobat.

4. Sistem Operasi Bermasalah
Terkadang sistem operasi pada laptop atau komputer bisa juga bermasalah sehingga menyebabkan laptop anda restart dan shutdown sendiri. Kalau ini yang menjadi penyebabnya, untuk cara mengatasinya cukup mudah, sobat tinggal install ulang saja.

5. Mainboard Rusak
Kalau yang ini yang menjadi penyebab, jalan satu-satunya untuk mengatasi anda perlu mengganti mainboard dengan yang baru. Biasanya mainboard ini rusak karena laptop digunakan terus menerus tanpa henti dan ditambah lagi dengan umurnya yang sudah lama.

Jadi, jika anda merasa mainboard yang bermasalah sebaiknya dibawa ke sevice untuk memastikan permasalahan yang terjadi pada laptop sobat.

Itu saja yang dapat saya bagikan mengenai Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Mati Sendiri, semoga postingan saya kali ini bermanfaat dan membantu mengatasi permasalahan anda.

Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Mati Sendiri | admin | 4.5