time 2 years yang lalu di topik #Komputer

Tips Mengatasi Permasalahan Pada Jaringan LAN

Jaringan LAN merupakan jaringan yang memiliki jangkauan untuk ruang lingkup lokal saja. Pada umumnya yang sering menggunakan jaringan ini warnet dan kantor. Kebanyakan jaringan LAN ini digunakan untuk berbagi data antara komputer satu dengan lainnya, sehingga para karyawan tidak perlu menggunakan flashdisk lagi ketika ingin berbagi data. Selain itu, jaringan LAN ini juga dapat digunakan untuk menghubungkan satu printer keberbagai komputer.

Terkadang saat menggunakan jaringan LAN, ada saja masalah yang akan terjadi, salah satunya Troubleshooting Jaringan, permasalahan ini merupakan dimana area lokal mengidentifikasi dan menghapus masalah jaringan agar mendapatkan kinerja yang optimal. Agar dapat memecahkan masalah pada jaringan LAN yang perlu anda lakukan adalah memonitori jaringan tersebut sehingga masalah dapat teridentifikasi dengan mudah.

Untuk melakukannnya anda perlu menggunakan komputer manajemen jaringan atau sniffer jaringan umum. Protokol Analyzer telah menyediakan berbagai solusi untuk memecahkan masalah pada jaringan LAN yaitu melalui jaringan TCP/ IP dan lainnya.

Terkadang dalam memecahkan masalah terhadap jaringan LAN ini bisa sangat rumit, apalagi ketika kita harus menemukan IP duplikat pada komputer jaringan, konfigurasi pada jaringan, perangkat jaringan non-optimal, kinerja pelayanan yang rendah, LAN card rusak, masalah kabel, virus, serangan spyware dan lainnya.

Tips Mengatasi Permasalahan Pada Jaringan LAN

Untuk mengatasi beberapa masalah tersebut, anda bisa melakukan tips berikut untuk mengatasi beberapa masalah konektivitas yang sering terjadi pada jaringan LAN anda.

  1. Pastikan bahwa komputer memiliki alamat IP kelas yang sama dan subnet mask yang terkait dalam semuan komputer di LAN.
  2. Pastikan alamat gateway yang diberikan akurat untuk semua komputer.
  3. Pastikan semua kabel terpasang erat pada bagian ujungnya yaitu pada Switch Hub dan LAN Card.
  4. Pastikan lampu Switch Hub dan LAN card menyala dan berkerja
  5. Jika anda yang menangani proxy server dan kemudian terjadi masalah pada konektivitas internet, yang perlu anda perhatikan adalah pengaturan server proxy harus akurat untuk komputer klien.
  6. Gunakan perintah PING pada prompt umum untuk memverifikasi dengan komputer lainnya.

Lakukan perintah tersebut pada Command Prompt

  1. Ping 100.100.100.1 kemudian tekan enter (100.100.100.1 merupakan alamat IP komputer lain)
  2. Jika terjadi masalah konektivitas pada komputer tertentu, install ulang driver yang terdapat pada adapter NIC, jika masalah masih terjadi ubah adaptor NIC dan lakukan konfigurasi ulang.
  3. JIka masalahnya belum juga teratasi periksa kabel jaringan yang terhubung pada jaringan komputer ke HUB/ Switch.

Masalah Keamanan

Untuk menghindari terjadinya masalah keamanan pada jaringan LAN, ada baiknya anda melakukan beberapa antisipasi agar tidak terjadi masalah yang tidak di inginkan

  1. Lakukan pengupdate-an antvirus dan program anti spyware secara teratur dan lakukan pemindaian pada server dan komputer yang terhubung pada jaringan.
  2. Gunakan password yang kuat 
  3. Aktifkan fitur login pada semua komputer yang tergubung pada jaringan
  4. Update sistem operasi dan install paket layanan terbaru dan patch keamanan.
  5. bersihkan registry komputer hal ini berguna untuk kelancaran komputer.
  6. Menerapkan firewall pada komputer gateway sehingga komputer dapat terhindar dari akses internal dan eksternal yang tidak sah

Permasalahan Kinerja

Masalah kinerja pada jaringan biasanya sering terjadi ketika menginstall aplikasi yang berat, kesalahan registry windows, perangkat keras rusak, memory rendah. Jadi, untuk mengatasinya ada beberapa hal yang dapat anda lakukan diantaranya

  1. Membagi jaringan dalam subnet sehingga dapat membantu dalam melakukan load balancing dan peningkatam kinerja.
  2. Hapus cara pintas jaringan yang tidak diperlukan sehingga dapat meningkatkan kecepatan browsing jaringan
  3. Hapus cookie, history browser dan file-file sementara yang tidak penting.
  4. Upgrade atau tingkatkan memori RAM
  5. Uninstall aplikasi yang dianggap tidak penting.
  6.  Lakukan konfigurasi terpisah pada server proxy, server file, dan komputer gateway sehingga beban pada setiap server tidak terlalu berat.
  7. Install LAN card yang mendukung kecepata 10/100 dengan menggunakan switch bukan menggunakan hub di LAN.
Nah, mungkin sampai disini saja tips yang dapat saya berikan mengenai cara untuk mengatasi permasalahan pada jaringan LAN, semoga saja dapat membantu.
Tips Mengatasi Permasalahan Pada Jaringan LAN | admin | 4.5