time 2 years yang lalu di topik #Komputer

Cara Mengetahui Komputer Menggunakan BIOS Atau UEFI

Cara Mengetahui Komputer Menggunakan BIOS Atau UEFI – Kalau mendegar kata BIOS, mungkin tidak akan asing lagi ditelinga anda, coba kalau mendegar kata UEFI? apakah anda sudah mengenal apa itu UEFI? UEFI sendiri memiliki kepanjangan Unified Extensible Firmware Interface, yang memiliki tugas sebagai pengganti BIOS.

Sebelumnya saya juga pernah membahas tentang UEFI ini, yaitu pada proses penginstallan sistem operasi. Jika anda belum membacanya bisa kunjungi link ini (Cara Mengatasi Tidak Bisa Install Windows (UEFI))

Awalnya UEFI dikenalkan denan nama EFI, namun setelah diambil oleh Unified EFI Forum, namanya berubah menjadi UEFI yang sampai saat sekarang ini digunakan.

UEFI dilengkapi dengan Boot Manager sehingga tidak membutuhkan Boot Loader terpisah dan juga memberikan kecepatan statup dan network yang lumayan baik. Kebanyakan komputer ataupun laptop keluaran baru menggunakan UEFI dan bersistem operasi windows 8. Hal inilah yang dapat mempersulit ketika ingin menginstall windows 7 ke laptop tersebut. Tapi anda tidak perlu khawatir karena saya sudah menemukan cara penanganan. Untuk mengetahui caranya anda bisa mengklik link yang sudah saya berika di atas.

Jika anda ingin memastikan apakah komputer anda memakai BIOS atau UEFI anda bisa ikuti langkah di bawah untuk mengetahuinya.

Buka Windows Explorer dan buka sesuai alamat ini C:WindowsPanther.

  1. Setelah memasuki folder Panther, silahkan anda cari file setupact.log dan silahkan anda buka, maka file akan terbuka dalam bentuk notepad.
    Cara Mengetahui Komputer Menggunakan BIOS Atau UEFI
  2. Kemudian tekan Ctrl + F dan ketikan Detected Boot Environment. Kemudian klik Find Next
    Cara Mengetahui Komputer Menggunakan BIOS Atau UEFI
  3. Jika Bios maka anda akan menemukan tulisan “Callback_BootEnvironmentDetect: Detected boot environment: BIOS” dan jika UEFI maka tulisan ini yang akan anda temukan “Callback_BootEnvironmentDetect: Detected boot environment: UEFI”
    Cara Mengetahui Komputer Menggunakan BIOS Atau UEFI

Cara Berikutnya
Jika cara di atas dianggap rumit, anda bisa menggunakan cara berikut sebagai alternatif dari cara yang pertama
  1. Tekan Win + R dan ketikan MSInfo32 lalu klik OK
  2. Maka akan ada tampilan dari window System Informasi dan coba lihat tulisan apa yang terdapat pada window tesebut. Jika menggunakan Bios maka terdapat tulisan legacy tapi jika UEFI maka akan terdapat tulisan UEFI.
    Cara Mengetahui Komputer Menggunakan BIOS Atau UEFI

Jika laptop anda menggunakan UEFI maka memiliki Secure Boot sehingga anda tidak akan bisa menginstall sembarang sistem operasi kalau Secure Bootnya masih aktif. Saya rasa cukup sampai disini saja ulasan mengenai Cara Mengetahui Komputer Menggunakan BIOS Atau UEFI, semoga bermanfaat bagi anda.

Cara Mengetahui Komputer Menggunakan BIOS Atau UEFI | admin | 4.5