time 2 years yang lalu di topik #Komputer

Cara Mengatasi Gagal Booting Pada Windows 7

Banyak sekali yang dapat menyebabkan gagal booting pada windows 7, diantaranya yaitu serangan virus ataupun salah menghapus program yang terdapat pada komputer. Untuk mengatasi gagal booting ini sebenarnya ada banyak sekali cara yang dapat anda lakukan diantaranya menginstall ulang sistem operasi dan menggunakan startup repair.

Menurut menggunakan cara install ulang itu kurang efektif, karena selain harus menghapus data yang sudah terinstall pada komputer, terlalu sering menginstall ulang juga akan menimbulkan dampak yang tidak baik pada komputer anda, seperti yang sudah saya bahas pada ulasan sebelumnya mengenai Dampak Sering Install Ulang Sistem Operasi.

Jadi, disini kita akan menggunakan startup repair. Tahukan sobat apa startup repair? Stratup Repair merupakan sebuah tool yang terdapat pada system recovery yang disediakan oleh pihak Microsoft untuk mengatasi kerusakan yang akan terjadi pada windows yang disebabkan oleh virus atau pun yang lainnya.

Startup repair ini sudah secara otomatis terinstall pada partisi sehingga memudahkan kita untuk menggunakannya. Biasanya ketika terjadi gagal booting maka windows akan membuka startup repair dan akan melakukan troubleshoting pada komputer.

Jika kerusakan masih belum terlalu parah, maka startup repair akan dapat menangani masalah tersebut, sebelum menjalankan startup repair sebaiknya jangan ada apa pun baik itu flashdisk atau sejenisnya yang terpasang pada komputer.

Sudah dikatakan dikatakan bahwa startup repair akan terinstall secara otomatis pada partisi, namun jika anda tidak bisa membuka program yang ada pada partisi anda bisa menggunakan DVD installasi windows 7 milik anda, untuk melakukan silahkan ikuti langkah dibwaha.

Cara Mengatasi Gagal Booting Pada Windows 7

  1. Masuk ke Bios lalu setting yang pertama menjadi DVD.
  2. Jika sudah selesai simpan dan lanjutkan
  3. Ketika menu install keluar, coba anda lihat di bagian pojok bawah dan pilih “Repair your computer”.
  4. Pada “System recovery tool”, silahkan anda pilih “Use recovery tool…” kemudian silahkan anda klik Next.
  5. Kemudian akan ada banyak pilihan, silahkan anda pilih “startup repair” dan tunggu proses selesai lalu klik finish.
    Cara Mengatasi Gagal Booting Pada Windows 7
Sampai disini anda sudah berhasil melakukan startup repair, tapi cara ini belum tentu dapat memperbaiki gagal booting, karena seperti yang sudah dikatakan di atas penyebab gagal booting tersebut bermacam-macam.
Cara Mengatasi Gagal Booting Pada Windows 7 | admin | 4.5