time 3 years yang lalu di topik #Hardware

Cara Memilih Power Supply yang Baik

Cara Memilih Power Supply yang Baik – Power Supply atau yang sering disingkat dengan PSU merupakan sebuah komponen atau perangkat keras yang terdapat dalam komputer. Fungsi Power Supply sendiri adalah untuk mengalirkan arus listrik ke semua komponen yang terdapat dalam komputer. Cara kerjanya yaitu mengubah arus AC menjadi arus DC, kemudian barudikirimkan ke komponen lainnya.

Cara Memilih Power Supply yang Baik

Jadi, Power Supply bisa di ibaratkan sebagai jantung dari sebuah komputer. Sehingga jika power supply rusak maka seluruh komponen komputer tidak akan bisa berfungsi. Namun walaupun begitu orang tetap saja tidak terlalu peduli dengan perangkat yang satu ini ketika ingin merakit sebuah komputer.

Mereka tetap saja terkadang tidak teliti ketika memilih Power Supply yang akan di rakit menjadi bagian komputer. Jadi, sebelum anda menyesal nantinya, saya sarankan agar anda lebih teliti agar mendapatkan Power Supply dengan kualitas yang bagus. Lalu bagaimanakah cara agar kita bisa mendapat Power Supply dengan kualitas yang baik?, Ok, langsung saja berikut caranya

  1. Perkirakan jumlah daya yang akan dibutuhkan oleh sebuah komputer. Jika anda merasa bingung anda bisa menggunakan tool yang ada di internet untuk melakukan perhitungan.
  2. Cari power supply yang cukup untuk memenuhi daya komputer.
  3. Ketika membeli PSU, jangan mencoba untuk membeli dengan harga yang murah karena yang murah belum tentu bagus.
  4. Coba anda lihat rating PSU yang terdapat di internet dan lihatlah ulasan para konsumen tentang PSU tersebut.
  5. Belilah PSU dengan merek-merek yang sudah terpercaya misalnya Seasonic, Digital Alliance, PowerLogic dan lainnya. Jangan pernah mencoba membeli PSU dengan merek yang baru saja anda dengar.
  6. Belilah PSU yang sudah memiliki cap bronze (minimal), yaitu sertifikat yang diberikan kepada PSU karena PSU tersebut telah mampu memberikan efisiensi lebih dari 80. Karena untuk mendapatkan label 80+, PSU harus melewati berbagai macam tahap agar dapat lolos.

Lalu Seperti Apakah Power Supply yang Bagus itu?

1. Beratnya bisa lebih dari power supply biasa.
Kenapa saya sebutkan begitu? ya, memang karena power supply yang memiliki berat yang lebih tentunya komponen yang digunakan didalamnya juga bagus dan tebal misalnya kabel-kabel di dalamnya memiliki serat yang sangat tebal, didalamnya terdapat kapasitor yang lebih banyak dan juga terdapat kabel yang memiliki lapisan berlapis-lapis
2. Harganya Mahal
Biasanya suatu barang dengan harga yang mahal akan memiliki kualitas yang baik, jadi berikut harga standar dari power supply : 
  • 350 watt : 400 ribu
  • 400 watt : 450 – 500 ribu
  • 500 watt : 600 – 850 ribu
3. Memiliki UL Number
UL Number merupakan tanda produsen dari sebuah power supply. Dengan mengetahui indentitas dari produk ataupun perusahaan dapat mempermudah kita mengetahui apakah produk telah memiliki sertifikat internasional. Untuk mengecek UL Number secara online anda bisa mengunjungi situs berikut http://www.ul.com/database/.
4. Memiliki kemampuan
Active PFC (Power Factor Correction), yaitu sebuah rangkaian khusus yang dapat digunakan untuk mengukur seberapa efesien konsumsi daya listrik.
Over Voltage Protection, yaitu kemampuan power supply yang dapat mencegah terjadinya kerusakan pada komponen yang telah terhubung jika terjadi lonjakan voltase listrik secara tiba-tiba.
Continuous Output, yaitu kemampuan dari power supply untuk memberikan daya pada komponen ketika dibutuhkan.
Itulah ulasan tentang Cara Memilih Power Supply yang Baik, semoga saja ulasan diatas dapat membantu dan mengurangi keraguan anda ketika ingin membeli sebuah Power Supply.
Cara Memilih Power Supply yang Baik | admin | 4.5