time 3 years yang lalu di topik #Komputer

Tanda-Tanda Komputer Terjangkit Virus

Salah satu permasalahan yang akan dihadapi para pengguna komputer adalah virus. Cepat atau lambat pasti anda akan mengalami masalah komputer terjangkit virus. Virus ini akan berkerja untuk mencuri data dan bahkan merusak komputer.

Terkadang virus bisa menyamar seperti file asli atau membentuk sebuah file yang tidak pernah kita buat sama sekali. Virus merupakan program yang sangat jahat, jika anda menjalankan file virus atau file yang terinfeksi virus, maka virus akan dengan mudah melipat gandakan dirinya menjadi sangat banyak.

Virus akan meletakan dirinya di dalam sistem C dan menyamar menjadi sebuah file, dengan penyamarannya tersebut bisa membuat kita terkecoh dan menyangka bahwa virus itu adalah file system. Akibat dari ulah virus ini dapat menyebabkan komputer anda yang terjangkit virus menjadi lelet. Selain itu virus juga dapat menghilangkan atau menyembunyikan file-file yang terdapat dalam komputer.

Tanda-Tanda Komputer Terjangkit Virus

Jadi, sebelum virus tersebut benar-benar merusak system komputer anda, sebaiknya anda memeriksa apakah komputer anda sudah terjangkit virus. Untuk memeriksanya anda harus mengenali Tanda- Tanda Komputer Terjangkit Virus .

Tanda- Tanda Komputer Terjangkit Virus

1. Komputer akan berjalan lebih lambat dari biasanya.
Komputer yang sudah terjangkit virus akan berjalan sangat lemot dan ketika membuka file yang ringan menjadi berat bahkan sering not responding dan juga ketika menjalankan file komputer akan terasa panas.

2. Waktu menghidupkan komputer sangat lama
Penyebab dari star atau saat anda menghidupkan komputer sangat lama ini bisa disebabkan oleh virus. Karena virus juga ikut berjalan dan aktif pada saat anda menyalakan komputer.

3.  Komputer crash dan restart tanpa diperintah
Jika saat anda mengoperasikan komputer, lalu tiba-tiba komputer crash, hang dan bahkan restart sendiri tanpa ada perintah, maka bisa jadi komputer anda sudah terjangkit virus.

4. Folder hilang atau menjadi banyak
Sudah dikatakan tadi bahwa kemampuan virus adalah menyembunyikan file atau juga membuat dirinya sepert sebuah file, sehingga file yang ada menjadi banyak.

5. Ketika Aplikasi Di Klik Tidak Ada Respon
Saat anda mengklik sebuah aplikasi dengan tujuan untuk membuka aplikasi tersebut. Namun, tidak ada respon atau aplikasi tidak terbuka. Hal ini bisa jadi karena penyebab virus yang sudah merusak syste aplikasi tersebut.

6. Pemberitahuan Aneh
Peringatan ini akan mucul setelah komputer anda terserang virus, biasanya peringatan berasal dari anti virus atau bahkan virus itu sendiri.

7. Tidak dapat mengakses task manager (Ctrl + Alt + Del)

8. Muncul iklan pop up
ketika anda sedang online dan browsing di sebuah browser maka akan sring timbul iklan-iklan dan iklan pop up.

9. Antivirus nonaktif tanpa perintah
Jika komputer terserang virus yang sangat kuat, virus tersebut dapat menonaktifkan antivirus anda sehingga dengan nonaktifnya antivirus, virus akan lebih leluasa untuk mengembangkan dirinya.

10.  Hardisk tiba-tiba penuh
Hardisk pada komputer akan penuh tiba-tiba, padahal anda tidak menambahkan file kedalam hardisk anda. Hal ini terjadi karena virus membentuk dirinya menjadi sebuah file dan mengisi hardisk sehingga menjadi penuh.

11. Koneksi Internet Melambat
Sebagian virus akan aktif saat komputer terhubung ke jaringan internet, karena pada saat terhubung ke internet, virus akan mencoba mengirim data yang di dapatkannya dari komputer yang di infeksinya, sehingga menyebabkan penuhnya trafik data internet.

 Masih banyak lagi tanda-tanda yang akan ditimbulkan jika komputer anda terjangkit virus. Jadi, sebelum terjangkit virus ada baiknya anda memasang antivirus yang paling bagus dan terupdate. Walapun terkadang antivirus juga bisa ditembus oleh virus, tapi setidaknya anda sudah berusahan dan tida langsung pasrah.

Tanda-Tanda Komputer Terjangkit Virus | admin | 4.5