time 3 years yang lalu di topik #Komputer

Cara Mengatasi Gagal booting Pada Laptop/PC

Cara Mengatasi Gagal booting Pada Laptop/PC – Pada saat ini hampir semua orang membutuhkan komputer, dengan adanya komputer atau laptop paling tidak dapat meringankan pekerjaan seseorang. Selain itu dengan adanya komputer atau laptop dapat juga menghibur kita yang sedang bosan dan menambah pengetahuan dari internet.

Namun, tidak selamanya barang elektronik akan bertahan lama seperti yang kita harapkan. Adakalanya kinerja barang tersebut menjadi berkurang. Bahkan sampai tidak bisa dipakai lagi ketika sudah terlalu lama dan tidak terawat.

Contohnya salah satu masalah yang dapat terjadi pada komputer atau laptop yaitu gagal pada saat akan booting. Setiap masalah yang terjadi tentu ada cara penyelesaiannya. Maka dari itu pada postingan kali ini saya mencoba untuk membagi cara agar kita dapat mengatasi gagal booting pada laptop atau komputer.

Cara Mengatasi Gagal booting Pada Laptop/PC

Cara Mengatasi Gagal booting Pada Laptop/PC
 
Cara 1
Sebelum terjadi gagal booting pada laptop, apa yang anda lakukan pada laptop tersebut. Coba ingat dan lakukan perubahan. Kali saja ada yang salah. Untuk melakukan perubaha silahkan anda masuk ke safe mode. Untuk masuk ke safe mode window 8 silahkan baca postingan saya yang satu ini Cara Mudah Masuk Safe Mode Windows 8 .

Cara 2

  1. Hidupkan komputer atau laptop anda.
  2. Ketika akan muncul tampilan BIOS tekan F2 atau F12, disini kita akan merubah setting booting.
  3.  Masukkan CD/DVD mater windows.
  4. Pilih BIOS Configuration pada panel BIOS. Lalu ubah first boot menjadi CD/DVD. Namun, jika menggunakan flashdisk silahkan ubah first boot menjadi usb.
  5. Ubah urutan first boot yang semula hardisk (SATA) menjadi CD/DVD.
  6. Selanjutnya silahkan anda simpan.
  7. Kemudian silahkan anda restart komputer
  8. Jikan muncul tulisan “Press Any Key From Boot to CD/DVD……” tekan saja tombol pada keyboard anda.
  9. Kemudian pilih repair your computer.
  10. Tunggu beberapa saat. Kemudian klik next.
  11. Maka akan muncul jendela yang akan memberikan anda 5 pilihan. Misalnya : Jika windows anda masih normal pilih startup repair. Pilih system restore jika anda pernah melakukan backup. Pilih sistem image recovery jika anda pernah melakukan restore point image. Jika tidak pernah melakukan yang disebutkan di atas silahkan pilih opsi command prompt.

Jika anda memilih Command Prompt, maka akan muncul jendela cmd kemudian silahkan anda ikuti langkah di bawah
1. Ketik DIR C.
2. Ketikan tulisan di bawah ini satu persatu dan tekan enter. Dimulai dari yang paling atas.

bootsect.exe/nt60 c:
bootsect.exe/nt60 all
bootrec /fixmbr
bootrec /fixboot
bootsect /nt60 all /force /mbr

Jika muncul tulisan “The operation completed succesfully”. Restart komputer. Namun, jika anda sudah menulis perintah diatas tetapi tidak menemukan tulisan “The operation completed succesfully” maka lakukan pemulihan pertama yaitu dengan memilih startup repair. Namun, anda harus mengembalikan first boot menjadi hardisk lagi jika perbaikan sudah selesai.

Cara 3
Jika semua sudah anda lakukan, namun tidak berhasil. Sebagai langkah terakhir yaitu dengan melakukan install ulang windows atau mencoba membawa komputer anda ke teman yang lebih paham atau service komputer.

Sekian pembahasan mengenai Cara Mengatasi Gagal booting Pada Laptop/PC, semoga dengan adanya cara ini dapat membantu anda yang sedang mengalami masalah gagal booting pada windows.

Cara Mengatasi Gagal booting Pada Laptop/PC | admin | 4.5