time 3 years yang lalu di topik #Komputer

Cara Mengatasi Blue Screen Pada Windows

Pernahkah anda mengalami blue screen?, saat pertama kali mengalami blue screen pastinya anda akan merasakan khawatir dan bingung mau melakukan apa pada laptop anda. Selain itu, blue screen pada laptop juga sangat menyebalkan, karena blue screen ini akan terjadi tiba-tiba pada windows ketika kita sedang mengoperasikan komputer. Bayangkan saja ketika anda sedang mengoperasikan komputer tiba-tiba blue screen, menyebalkan bukan?

Blue screen ini biasanya terjadi karena komputer atau laptop terlalu panas dan terlalu lama digunakan selain itu blue screen akan terjadi bisa juga karena kesalahan saat penginstalan driver. Tapi anda tidak perlu khawatir lebih daulu, karena pada saat terjadi blue screen windows akan menyisipkan pesan yang menyebabkan blue screen terjadi. Sehingga, jika anda sudah mengetahui pesan tersebut, anda bisa mengatasinya. Berikut beberapa pesan error yang akan disisipkan pada saat blue screen.

Cara Mengatasi Blue Screen Pada Windows

1. IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL (0X0000000A)
Pesan ini yang sering muncul pada saat terjadi blue screen, jika anda mendapatkan pesan berikut pada layar blue screen maka yang menjadi penyebabnya yaitu

  • Masalah driver yang tidak cocok atau bentrok.
  • Video card yang bermasalah misalnya video card yang di overlock melebihi batas, bisa juga masalah pada video card ini terjadi karena anda baru mengganti video card dan anda lupa untuk menguninstall video card yang lama dari chipset yang berbeda. 
  • Audio card yang bermasalah contohnya kesalahan pada konfigurasi atau bug sound card.

2. NTFS_FILE_SYSTEM atau FAT_FILE_SYSTEM (0X00000024) atau (0X00000023)
Jika pesan error seperti di atas yang anda terima maka telah terjadi kerusakan pada file system atau partisi, jadi disini yang anda cek adalah kabel SATA atau PATA, bisa juga anda mengecek dengan tool chkdsk saat ingin cek partisi.

3. UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP (0X0000007F)
Pesan error berikut disebabkan oleh Overlock berlebihan pada hardware Komponen pada komputer atau laptop yang terlalu panas Korup pada BIOS Rusak pada memroy dan CPU

4. DATA_BUS_ERROR
Pesan error ini muncul bisanya karena telah terjadi kerusakan pada slot memory motherboard.

5. PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA
Pesan error ini muncul karena telah terjadi kerusakan pada hardware komputer atau laptop yaitu memory pada processor, memory video card dan memory utama.

6. INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE 
Pesan error yang satu ini muncul karena adanya kesalahan misalnya virus boot sector, kesalahan pada driver IDE controller, kesalahan pada konfigurasi jumper hardisk dan terjadi kesalahan pada driver chipset.

7. VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE 
Pesan error ini muncul karena terjadi kesalahan pada saat install driver video card ataupun driver laptop, kesalahan ini misalnya tidak sempurnanya proses penginstallan karena terjadi restart pada saat anda menginstall driver tersebut.

8. BAD_POOL_CALLER 
Pesan error ini muncul karena terjadi kesalahan pada driver misalnya driver tidak kompatibel, selain itu juga disebabkan pada saat install windows XP dari upgrade, bukan dari installasi yang baru.

9. PEN_LIST_CORRUPT 
Pesan error ini muncul disebabkan karena terjadi kerusakan pada RAM.

10. MACHINE_CHECK_EXCEPTION 
Kalau pesan error yang satu ini disebabkan karena terjadinya kecacatan CPU dan kekurangan daya atau rusaknya power supply. 

Itulah beberapa pesan error yang akan disisipkan jika terjadi blue screen dan cara mengatasinya. Semoga postingan ini  membantu dan bermanfaat bagi anda yang membacanya.

Cara Mengatasi Blue Screen Pada Windows | admin | 4.5