time 3 years yang lalu di topik #Komputer

Bagaimana Cara Mengatasi Overheat Pada Komputer

Selamat sore sobat kompucer, kali ini blog kompucer akan berbagi sebuah tips dan trik lagi untuk anda yang sedang berkunjung di blog ini dan khususnya di postingan ini. Hal yang akan di bahas kali ini masih mengenai komputer, yaitu mengenai Cara Mengatasi Overheat Pada Komputer.

Mungkin anda sering mengalami hal ini, yaitu komputer/laptop anda cepat panas saat digunakan. Tentu-nya ketika mnggunakan komputer/laptop yang cepat panas itu tidak nyaman. Karena jika komputer terlalu panas/ overheat  terkadang bisa membuat komputer mati sendiri, restart ataupun blue screen. Jadi, Bagaimana Cara Mengatasi Overheat Pada Komputer?, untuk anda yang mengalami masalah ini silahkan anda perhatikan dan praktekan poin-pon di bawah.

Bagaimana Cara Mengatasi Overheat Pada Komputer

Penyebab Dan Cara Mengatasi Overheat Pada Komputer

1. Debu
Debu yang menumpuk pada bagia-bagian komputer atau laptop dapat membuat komputer harus bekerja semakin keras. Selain itu, debu yang menempel pada ventilasi udara pada laptop atau komputer, dapat menyebabkan sirkulasi udara yang keluar masuk akan terhambat.

Jadi, untuk mengatasi hal ini cobalah anda bersihkan debu yang menempel pada komputer/ laptop anda khususnya yang menempel pada kipas pendinging atau heatsink fan. Jika anda berani, buka saja casing laptop anda dan bersihkan komponen-komponen yang ada di dalamnya. Kalau tidak berani bawa saja ke service komputer dan meminta mereka untuk membersihkan laptop anda.

2. Suhu Ruangan
Menurut pengalaman saya sendiri, ketika saya menyalakan dan bermain laptop di suhu ruangan yang panas, maka laptop yang saya mainkan lebih cepat panas dan ketika bermain ditempat yang memiliki suhu ruangan dingin maka laptop yang saya mainkan tidak cepat panas, kecuali jika sudah terlalu lama dimainkan dan membuka aplikasi atau situs tertentu maka laptop saya akan panas.

Jadi, letakan komputer atau laptop anda ditempat yang memiliki suhu ruangan tidak terlalu panas.

3. Power Supply Bocor
Jika power supply bocor maka tegangan yang akan dialirkan ke manboard dan komponen lain pada laptop akan naik. Naiknya tegangan ini dapat menyebabkan komputer atau laptop anda menjadi panas dan bahkan dapat menyebabkan salah satu komponen pada komputer akan rusak.

Jadi, untuk mengatasi hal ini gunakanlah stabilizator agar menjaga tegangan listrik pada komputer atau laptop.

4. Main game
Komputer atau laptop yang digunakan untuk bermain game akan lebih cepat panas, hal ini karena saat bermain game komponen pada komputer harus bekerja keras dalam menjalankan game tersebut. Jadi, untuk mengatasi hal ini tambahkan kipas pendingin untuk laptop anda dan jika anda menggunakan komputer silahkan tambahkan kipas pengisap udara di belakang CPU, sehingga panas yang ada di dalam CPU terhisap keluar.

5. Setting Bios
Jika anda melakukan setting pada BIOS menjadi overclock maka resiko yang dapat anda terima dalah komputer menjadi panas bahkan resiko terburuknya dapat menyebabkan komputer menjadi tidak bisa berfungsi lagi.

Solusinya, jika memang benar overclock ini penyebabnya maka kembalikan lah setting Bios laptop/komputer anda ke posisi normal kembali.

Mungkin hanya ini yang dapat saya bagikan pada postingan kali ini, dengan pembahasan Cara Mengatasi Overheat Pada Komputer. Semoga dengan adanya postingan ini dapat membantu dan bermanfaat bagi anda yang telah membacanya.

Bagaimana Cara Mengatasi Overheat Pada Komputer | admin | 4.5